Jumat, 11 April 2014

Waspada kunci jawaban palsu di FB jelang UN 2014




JAKARTA,BB – Pelajar tingkat akhir di SMA sebaiknya waspada terhadap berbagai tawaran di situs jejaring sosial seperti Facebook. Pasalnya kunci jawaban palsu soal ujian nasional kerap di tawarkan oleh oknum bertanggung jawab.
Meski sudah menjadi “lagu lama”, namun peserta UN baik SMA maupun SMP harus mewanti-wanti tawaran untuk mendapatkan kunci ujian soal UN 2014. Oknum pengguna FB kerap mengelabui korbannya dengan iming-iming bocoran soal yang mencatut nama pejabat teras di Kemententeri Pendidikan dan Kebudayaan. Imbalannya, peserta harus melakukan transfer sejumlah uang kerekening orang tak bertanggung jawab itu.
“Saya sudah cari di internet dan menemukan kunci jawaban di akun Facebook. Tapi tidak bisa dibuka sebelum membayar,”kata M Nawir, salah seorang peserta ujian UN di Kabupaten Bulukumba.
Bagi Nawir, tawaran kunci jawaban itu mencurigakan. Pasalnya akun Facebook tersebut memiliki identitas pengguna yang disembunyikan. “Saya sudah curiga itu penipuan. Lagian cari kunci jawaban juga iseng saja,”kilahnya kepada BeritaBulukumba.com Kamis 10 April 2014.
Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh jauh hari sebelumnya mengingatkan agar peserta ujian nasional  tidak terprovokasi oleh beredarnya kunci jawaban UN. Kunci jawaban yang beredar menurut M Nuh sangat menyesatkan. Karena, soal UN terdiri dari 20 varian.
“Saya menghimbau pada adik-adik peserta UN tidak terprovokasi dengan kunci jawaban yang beredar. Jika peserta UN terprovokasi, mereka pasti akan kebingungan mencocokkan antara kunci jawaban yang beredar dengan 20 varian soal UN” kata Nuh usai melakukan teleconference dengan para penyelenggara UN se Indonesia di kantornya, Jakarta, Kamis 10 April 2014.
Sesuai jadwal Kemendikbud, UN tingkat SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB digelar 14-16 April 2014. Sedangkan UN SMP, MTs, dan SMPLB digelar 5-8 Mei 2014.

SUMBER : http://beritabulukumba.com/12514/waspada-kunci-jawaban-palsu-di-fb-jelang-un-2014

0 komentar:

Posting Komentar